PERBANDINGAN SYSTEM CERDAS 3 NEGARA ASIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN

System cerdas dalam bidang pendidikan AI (Artificial Intelligence) yang dimana sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengalaman belajar yang akan membuat proses belajar mengajar lebih efektif. Dengan menggunakan media-media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik artificial intelligence, pebelajar/learner dapat belajar tanpa harus berhadapan langsung berhadapan dengan guru, dan informasi dalam media-media pendidikan tentunya akan lebih mempermudah dan meringankan tugas guru/pendidik dalam mentransformasikan ilmu dan pengalaman belajar mereka terhadapa peserta didik.

beberapa system cerdas dalam dunia pendidikan yaitu:
1.       Robot pendidikan (educational robots): digunakan untuk membantu dalam proses mengajar tentang operasi dan penggunaan dari robot industri. Contoh robot yang digunakan dalam bidang pendidikan
2.       Intelligence Computer - aided Instruction, juga termasuk ke dalam  linkup kecerdasan  buatan.
Sistem ini sangat berguna sekali karna siswa dapat langsung ber interaksi langsung tanpa malu malu,dan juga seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa nya masing masing dan juga kerja guru akan diringan kan. Namun apakah dengan mengunakan Komputer ini anak ditakut kan akan tidak serius malah akan keasikan bermain tidak fokus terhadap materi yang diajarkan. 
3.       Intelligent Tutoring Systems (ITS) Kebutuhan akan penggunaan kecerdasan buatan semakin meningkat seiring dengan besarnya manfaat yang didapatkan. Intelligent Tutoring System (ITS) merupakan satu tipe dari sistem kecerdasan buatan yang menangani masalah pembelajaran atau pelatihan. Keuntungan utama digunakannya ITS ini dibandingkan dengan metode yang sering digunakan adalah terciptanya suatu pembelajaran yang lebih efektif.

Setelah kita sudah mengethaui system cerdas dalam bidang pendidikan sekarang membandingkan system cerdas untuk 3 negara yaitu Negara Indonesia, Jepang dan Singapura:


A.    INDONESIA.
Ø  Eductional Robots.
Bebrapa Universitas ternama sudah banyak menggunakan robot dalam dunia pendidikan seperti hal nya dalam ilmu kedokteran dalam pengoprasian alat-alat kedokteran untuk diagnosa penyakit.
Ø  Intelegence Computer Aided Instruction.
Indonesia sudah banyak lembaga pendidikan yang memakai system cerdas ini jadi utnuk pengerjaan tugas dikerjakan di internet sehinnga guru memantau murid nya walaupun berbeda jarak.
Ø  Inteligent Toturing System
Sudah beberapa sekolah dalam penerapan ujian nasional menggunakan media computer. Sehingga dalam penggunaan biaya cukup efesian tanpa perlu mencetak sebuah kertas.
B.    JAPAN.
Ø Eductional Robots.
Semua universitas/lembaga pendidikan sudah mempunyai cara mengajar menggunakan robot sebagai pengajar.
Ø  Intelegence Computer Aided Instruction.
Jepang beberapa sudah menggunakan robot sebagai media pengajar yang dimana siswa langusng dapat berinteraksi kepada robot dalam meberikan pertanyaan.
Ø  Inteligent Toturing System.
Jepang sudah lama menerapkan pengerjaan ujian dalam media computer sebelum Indonesia menerapkan.

C.    SINGAPURA.
Ø Eductional Robots.
Hampir sama dengan jepang singapura memiliki lembaga pendidikan dalam dunia pengajar yang berbasis teknologi. Seperti hal nya Pembelajaran bahasa asing untuk anak TK yang berinterkasi dengan robot.
Ø  Intelegence Computer Aided Instruction.
Singapura hampir sama dengan jepang dan Indonesia dan sudah menerapkan teknologi kedua nya.
Ø  Inteligent Toturing System.
Kurang lebih sama seperti jepang sudah mengenal lama dalam pengerjaan ujian dalam media elektronik.

KESIMPULAN:
Sekolah-sekolah di Indonesia belum seluruhnya memiliki kemampuan yang cukup dalam menyediakan sarana ini. Seharusnya, program ini sudah diberlakukan untuk seluruh sekolah di Indonesia agar seluruh pelajar di Indonesia tidak akan canggung lagi saat berhadapan dengan teknologi khususnya komputer di masa-masa yang akan datang. Sebenarnya ini adalah tanggungan pemerintah untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan umum para generasi muda di Indonesia. Semoga di masa-masa yang akan datang, pemerintah sudah sanggup untuk menyediakan program ini untuk seluruh sekolah di Indonesia

REFERENSI:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DAN JAWABAN MATERI SERVICE MANAGEMENT - BUSINESS PROCESS MANAGEMENT

MEMBUAT ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI GIMP

Pengertian, Jenis - Jenis , dan Sebab Terjadinya Konflik