SERVICE MANAGEMENT
untuk membentuk fungsi dan
juga proses untuk memanage layanan dengan satu proses berkesinambungan dengan
mementingkan transisi, strategi, operasi, dan juga peningkatan peningkatan yang
berkala juga.
Untuk Menjadikan layanan
yang lebih berguna harus diterapkan cara yang dinamakan core dari service management yakni dari 1
organisasi harus menggambarkan kemampuan yang berkapasitas, berkompetensi,dan
mempunyai kepercayaan diri dalam mengambil suatu tindakan. namun biasanya
kemampuan dari organisasi ini sering terbentur atau dihadapkan pada tantangan
yang biasanya muncul pada saat perkembangannya dan perjalananya suatu
perusahaan.
Lalu selanjutnya didalam
Service Management ini ada definisi dari kata Servicenya, Maksud dari kata Service
ini adalah bagaimana cara mengantarkan sebuah value ke seorang costomer dengan
keinginan dan harapan dari customer yang ingin dicapai.
Didalam Definisi Service
ini untuk memberikan hasil yang di inginkan oleh seorang customer, di dalam organisasi
biasanya berdebat mengenai tentang Function dan Processnya.
·
Function
Maksud dari Function ini
adalah Unit dari Organisasi yang khusus membentuk sebuah kelompok kerja dimana
akan dibagikan bagian bagian pekerjaan tertentu yang bertanggung jawab atas
pekerjaannya tersebut.
·
Process
Suatu Proses adalah satu
loop tertutup dikarenakan mereka yang menyediakan perubahan dan transformasi
menuju ke satu arah tujuan dan biasanya menggunakan Feed back untuk menguatkan
diri sendiri, dengan cara tersebut itu akan bisa menjadi sebuah acuan untuk
mengkoreksi dirinya sendiri
Selanjutnya ada juga yang dinamakan ITSM atau bisa di sebut juga
dengan Information Technology Service Management. Dimana Definisinya adalah
dimana suatu metode yang di gunakan untuk mengelolah aktivitas teknologi
informasi yang memfokuskan dan memberikan pelayanan prima terhadap pengguna
atau pelanggannya atau yang bisa di bilang customernya.
Tujuan utamanya dari ITSM ini adalah Menyaraskan layanan
informasti teknologi dengan kebutuhan pengguna, memperbaiki kualitas layanan
Teknologi informasi dan mengefektifkan penggunaan dari biaya untuk mengelola
infromasi teknologinya
dan didalam ITSM ini mempunyai beberapa proses, antara lain
proses proses tersebut adalah Incident Management, Problem Management, dan Change
Management.
1. Incident Management
Dalam Proses ini adalah di
proses tahapan pencatatan, Penelusuran, Penugasan, dan Pengelolaan Insident
dimana nantinya akan di komunikasikan
kepada pengguna layanan Informas teknologi.
Dalam Tahapan ini dijalankannya
dengan suatu procedure. dimana pertamanya dimulai pada saat User atau pengguna
melaporkan terjadinya gangguan atau masalah lainnya atau insiden insiden, dimana
nanti Helpdesk akan mencatatnya kedalam log insiden dan membuat tiket lalu selanjut helpdesk akan segera memperbaikinya terhadap
insiden atau masalah tersebut. Setelah Masalah sudah
selesai Helpdesk akan menutup
tiket laporannya tersebut.
2. Problem Management
Singkat saja dalam proses ini
adalah dimana proses yang bertanggung jawab menangani problem pada lifecycle.
ini sedikit berbeda dengan insiden yang seperti di Incident Management, Jika
dikaitkan dengan insiden maka biasanya problem ini terjadi pada saat sesudah
Insidenya. Umumnya penyebab ini tidak di ketahui ketika tiket problem di buat,
dan proses Problem Management Bertanggung jawab terhadap Investigasi lebih
lanjut.
3. Change Management
Pada Proses ini dimana proses proses yang
bertanggung jawab yang mengendalikan siklus atau jalannya dari setiap
perubahan, Tujuan dari tahap atau proses ini adalah merealisasikan manfaat perubahan
dengan meminimalisasi gangguan gangguan terhadap layanan.
Kesimpulannya
adalah dari Informasi Teknologi Service Management ini adalah bahwa Informas
teknologi service management ini adalah pengelolaan layanan dengan menjalankan
proses proses yang seperti area incident, problem atau masalah dan change
management, dengan cara memastikannya dengan mencatat dan menangani dari
insiden yang telah terjadi. Dengan kata lain dari penarapan ini banyak manfaat
bagi suatu organisasi infromasi teknologi dalam mendukuing pencapai tujuan
bisnis.
Thanks for Inspiring Me :
http://www.kompasiana.com/edysusanto74/service-management-service-function-practice_554852ff547b61821625242b
http://www.equine.co.id/it-service-management-2/
Komentar
Posting Komentar