SERVICE MANAGEMENT


 Apakah kalian tau Service management itu apa? Pertama tama mari kita bahas tentang definisi dari service management. Service Management itu sendiri adalah satu set kemampuan dimana dari suatu organiasi untuk menyediakan sebuah value kepada customernya dengan dalam bentuk layanan.

untuk membentuk fungsi dan juga proses untuk memanage layanan dengan satu proses berkesinambungan dengan mementingkan transisi, strategi, operasi, dan juga peningkatan peningkatan yang berkala juga.
Untuk Menjadikan layanan yang lebih berguna harus diterapkan cara yang dinamakan core  dari service management yakni dari 1 organisasi harus menggambarkan kemampuan yang berkapasitas, berkompetensi,dan mempunyai kepercayaan diri dalam mengambil suatu tindakan. namun biasanya kemampuan dari organisasi ini sering terbentur atau dihadapkan pada tantangan yang biasanya muncul pada saat perkembangannya dan perjalananya suatu perusahaan.

Lalu selanjutnya didalam Service Management ini ada definisi dari kata Servicenya, Maksud dari kata Service ini adalah bagaimana cara mengantarkan sebuah value ke seorang costomer dengan keinginan dan harapan dari customer yang ingin dicapai.
Didalam Definisi Service ini untuk memberikan hasil yang di inginkan oleh seorang customer, di dalam organisasi biasanya berdebat mengenai tentang Function dan Processnya.
·         Function
Maksud dari Function ini adalah Unit dari Organisasi yang khusus membentuk sebuah kelompok kerja dimana akan dibagikan bagian bagian pekerjaan tertentu yang bertanggung jawab atas pekerjaannya tersebut.

·         Process
Suatu Proses adalah satu loop tertutup dikarenakan mereka yang menyediakan perubahan dan transformasi menuju ke satu arah tujuan dan biasanya menggunakan Feed back untuk menguatkan diri sendiri, dengan cara tersebut itu akan bisa menjadi sebuah acuan untuk mengkoreksi dirinya  sendiri


Selanjutnya ada juga yang dinamakan ITSM atau bisa di sebut juga dengan Information Technology Service Management. Dimana Definisinya adalah dimana suatu metode yang di gunakan untuk mengelolah aktivitas teknologi informasi yang memfokuskan dan memberikan pelayanan prima terhadap pengguna atau pelanggannya atau yang bisa di bilang customernya.

Tujuan utamanya dari ITSM ini adalah Menyaraskan layanan informasti teknologi dengan kebutuhan pengguna, memperbaiki kualitas layanan Teknologi informasi dan mengefektifkan penggunaan dari biaya untuk mengelola infromasi teknologinya

dan didalam ITSM ini mempunyai beberapa proses, antara lain proses proses tersebut adalah Incident Management, Problem Management, dan Change Management. 

1.    Incident Management
Dalam Proses ini adalah di proses tahapan pencatatan, Penelusuran, Penugasan, dan Pengelolaan Insident dimana nantinya akan  di komunikasikan kepada pengguna layanan Informas teknologi.
Dalam Tahapan ini dijalankannya dengan suatu procedure. dimana pertamanya dimulai pada saat User atau pengguna melaporkan terjadinya gangguan atau masalah lainnya atau insiden insiden, dimana nanti Helpdesk akan mencatatnya kedalam log insiden dan membuat tiket lalu  selanjut helpdesk akan segera memperbaikinya terhadap insiden atau masalah tersebut. Setelah Masalah sudah
selesai Helpdesk akan menutup tiket laporannya tersebut.

2.    Problem Management
Singkat saja dalam proses ini adalah dimana proses yang bertanggung jawab menangani problem pada lifecycle. ini sedikit berbeda dengan insiden yang seperti di Incident Management, Jika dikaitkan dengan insiden maka biasanya problem ini terjadi pada saat sesudah Insidenya. Umumnya penyebab ini tidak di ketahui ketika tiket problem di buat, dan proses Problem Management Bertanggung jawab terhadap Investigasi lebih lanjut.

3.    Change Management
Pada Proses ini dimana proses proses yang bertanggung jawab yang mengendalikan siklus atau jalannya dari setiap perubahan, Tujuan dari tahap atau proses ini adalah merealisasikan manfaat perubahan dengan meminimalisasi gangguan gangguan terhadap layanan.

Kesimpulannya adalah dari Informasi Teknologi Service Management ini adalah bahwa Informas teknologi service management ini adalah pengelolaan layanan dengan menjalankan proses proses yang seperti area incident, problem atau masalah dan change management, dengan cara memastikannya dengan mencatat dan menangani dari insiden yang telah terjadi. Dengan kata lain dari penarapan ini banyak manfaat bagi suatu organisasi infromasi teknologi dalam mendukuing pencapai tujuan bisnis.



Thanks for Inspiring Me :
http://www.kompasiana.com/edysusanto74/service-management-service-function-practice_554852ff547b61821625242b

http://www.equine.co.id/it-service-management-2/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL DAN JAWABAN MATERI SERVICE MANAGEMENT - BUSINESS PROCESS MANAGEMENT

MEMBUAT ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI GIMP

Pengertian, Jenis - Jenis , dan Sebab Terjadinya Konflik